[Ficlet] Ramadhan Series – Sedekah

Baju-Lebaran-Pria-Model-Koko-Lengan-Pendek

| NCT’s Taeil | Comedy | General |

note : lowercase intended.

+++

kata pak ustadz, langsung tidur setelah selesai sahur itu hukumnya makruh. kata dokter rian thamrin, tidur setelah sahur itu tidak baik untuk proses metabolisme. atas dua dasar itulah akhsanu taeil al malik, atau lebih akrab disapa taeil memutuskan untuk langsung berwudhu sembari menunggu adzan subuh berkumandang.

rasa kantuk sungguh tidak bisa dielaknya. namun lafal “asholatu khairum minannaum” yang dikumandangkan sang muadzin sungguh menggetarkan hati. membuatnya lekas menarik sandal dari rak dan melangkahkan kaki menuju masjid terdekat dari rumah.

seusai menoleh ke kanan dan kiri sembari mengucapkan salam, taeil pun tidak langsung berdiri untuk pulang. meski rasa kantuknya tak kunjung hilang, ia dengan khusyuk berdzikir tanpa menggunakan tasbih.

acara dzikir pun dilanjut dengan kuliah subuh dan materi kali ini adalah tentang siksa kubur. sudah menjadi rutinitas pula jika di sela kuliah subuh akan ada kotak amal yang berkeliling. hingga akhirnya kotak itu pun sampai ke taeil. 

untungnya ia tidak sedang memakai sarung, melainkan celana dan ia ingat kalau menyimpan beberapa uang di dalam saku.

ia merogoh kantungnya untuk mengambil uang. kebetulan yang terambil adalah selembar seratus ribu dan selembar dua ribu. sudah sangat jelas bahwa uang yang ia pilih untuk dimasukkan kotak amal adalah selembar dua ribuan. ia lantas memasukkan kembali uang seratus ribu ke dalam saku belakangnya.

seseorang tiba-tiba menepuk pundaknya dari belakang. ia pun dibuat memutar kepala untuk menoleh ke arah orang itu. taeil merasa tak mengenalnya, pria itu kemudian menyodori taeil selembar uang seratus ribu.

sebenarnya taeil tak ingin berburuk sangka, namun firasat itu terus menari-nari dalam benaknya. seakan lelaki itu mau pamer kalau ia hendak beramal dengan jumlah uang yang banyak. mungkin juga lelaki itu bermaksud mengejek taeil yang cuma memasukkan dua ribu rupiah ke dalam kotak amal. 

tanpa bicara, taeil pun menerima uang dari lelaki itu dan memasukkannya ke dalam kotak amal. sesuai apa yang lelaki itu mau. dalam hati taeil berdoa, semoga kelak ia bisa meneladani sifat dermawan pria di belakangnya tersebut.

setelah memasukkan uang tersebut, taeil pun menggeser kotak amal ke makmum di sebelahnya. lelaki di belakang taeil lantas menepuk pundaknya lagi. taeil kembali menatapnya. pria itu pun berkata, “mas, tadi itu uangnya panjenengan yang jatuh. bukan uang saya.”

– END –

teladanilah pakde taeil yang sungguh dermawan dan gemar beramal salih :))))

Advertisements

5 thoughts on “[Ficlet] Ramadhan Series – Sedekah

  1. Boleh ngakak nggak nih? Duh sumpah taeil emang baikkkkk banget…
    Tuh jangan suka suuzhon sama orang dong bang, duh gimana mau ngasih uang ke aku beli takjil entar sore???
    Masa mau takjilan di mesjid lagi??

    Sumpah ini hiburan banget setelah sahur… Duh bang taeil keren deh, udah ganteng banyak beramal lagi….

    Liked by 1 person

  2. YA ALLAH PAKDHE TAEIL, TOLONG RELAKANLAH UANGMU HAHAHAHA ANJIR ENDINGNYA NENDANG SEKALE MBALEL, KAYAK ANEKDOT WKWKWKWKWKWKW LAFLAF ❤ ❤ ❤

    Oh ya, kok tumben sampeyan banyak typo??? Aku tadi gk nemu huruf kapital sama sekali lho. Atau wordpress-nya yg bermasalah??? 😀

    Tapi its oke its love. Soalnya ini menghibur bingits…. Habis tarawih + tadarus baca ginian, otak rasanya tambah seger. Apalagi bayangin awajahnya Taeil yang pasti langsung cengok pas tahu kalau uang yg disedekahin itu ternyata uangnya sendiri LOL xD

    Like

    • la yaaaa di note sudah kubilang “lowercase intended” hahaha, lgi males nulis kapital
      tsaahh tadarus… kujadi ingat anak2ku yang kutinggal krn sedang haid :(((
      makasih ya udah baca ^^

      Like

Feedback Juseyo ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s