About Fan Fiction

op

Laman ini dibuat untuk memudahkan para pembuat cerita fiksi (khususnya Fan Fiction) dalam mengklasifikasikan seperti apa jenis cerita yang kalian tulis.

.

.

DEFINISI FAN FICTION

Fan Fiction atau Fiksi Penggemar dalam Bahasa merupakan bagian dari fiksi secara umum, adalah sebuah cerita fiksi atau karya tulis imajiner dari seorang penggemar terhadap idolanya berdasarkan; kisah, karakter maupun latar yang sudah ada. Plot sebuah Fan Fiction merupakan hasil imajinasi dari para penggemar. Konsep sederhana yang digunakan dalam menulis sebuah Fan Fiction adalah “What if…” atau “Bagaimana jika…” Dengan konsep tersebut penggemar dapat dengan bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka.

Fan Fiction menjadi sebuah art-project yang menyenangkan bagi seorang penggemar di samping proyek lain seperti membuat wallpaper, scrap book, craft design atau art work lainnya yang menyangkut bintang atau karakter pujaannya. Terkadang sejumlah Fan Fiction menyertakan penulisnya sebagai karakter cerita, ada pula yang tidak.

Fan Fiction yang dikenal sejauh ini tidak hanya berpegang pada sederetan nama artis, melainkan bisa juga berangkat dari novel, film dan karya seni lainnya yang digemari oleh masyarakat luas di seluruh dunia. Untuk bahasan dalam blog ini, tentunya kita lebih menitikberatkan pada cakupan dunia hiburan yaitu Korean Idol, sehingga menjadikan fiksi yang ditulis tergolong ke dalam K-Pop Fan Fiction.

.

.

ISTILAH DALAM FAN FICTION

Tentunya kalian semua pernah mendengar beberapa istilah seperti Author, Reader, Sider, Feedback, Identitas Fiksi, AU, Canon, OC, Pairing dan Slash, baik dalam kacamata pembaca maupun sebagai penulis Fan Fiction. Berikut ini adalah pengertian singkat dari istilah-istilah tersebut.

Author

Ialah sang penulis fiksi, orang yang memiliki sebuah alur cerita dengan tulisan sebagai media penyampaiannya.

Reader

Diartikan secara harfiah menjadi pembaca, adalah mereka yang membaca fiksi buatan penulis.

Sider

Sider ini merupakan singkatan dari Silent Reader, yaitu mereka yang sekadar membaca cerita tanpa meninggalkan feedback bagi penulis.

Feedback

Adalah umpan balik dari Reader atas fiksi buatan Author yang telah dibacanya. Khususnya forum blog WordPress, kita mengenal tiga jenis feedback yang secara umum tersedia dalam konten WordPress.

  • Comment

WordPress menyediakan comment box. Reader bisa menggunakannya untuk memberikan kesan, kritik, saran atau mungkin sapaan bagi penulis melalui comment box ini.

  • Likes

Jika kalian suka dengan fiksi yang telah kalian baca, bisa juga memberikan feedback dengan cara me-like lembar pos mereka.

  • Reblog

Bagi pembaca yang juga memiliki akun serta blog WordPress, bisa juga me-reblog (memposting ulang) fiksi penulis ke dalam blog kalian secara otomatis dengan link terkait, tentu saja.

Identitas Fiksi

Ditulis di bagian paling atas lembar pos, biasanya berisi Author Name, Credit Poster, Cast, Genre, Rating, Length (Type), Disclaimer dan Summary.

  • Author Name

Adalah nama si penulis. Dalam dunia Fan Fiction, biasanya yang digunakan adalah Pen Name (Nama Pena).

  • Credit Poster

Biasanya terdapat sebuah gambar di bagian paling atas lembar pos, hal itu disebut cover atau poster. Bisa custom-made ataupun hanyalah gambar biasa yang ditemukan di internet. Credit diberikan agar pembaca mengetahui siapa pembuat cover tersebut (jika custom-made) atau dari (situs) mana cover itu diambil (jika gambar biasa).

  • Cast

Artis/Idol yang dijadikan tokoh dalam sebuah Fan Fiction.

  • Genre

Disebut juga aliran fiksi, menyangkut emosional dan hal-hal yang ditemukan sepanjang jalan cerita Fan Fiction, seperti kondisi ruang lingkup dan latar kejadian.

  • Rating

Berhubungan dengan batasan umur pembaca, apakah fiksi dengan label rating tertentu aman menjadi konsumsi publik atau tidak.

  • Length (Type)

Berkaitan dengan durasi dan/atau jumlah kata dalam cerita.

  • Disclaimer

Klaim penulis atas karya yang dibuatnya, apakah asli dari pikirannya atau mungkin terinspirasi dari sumber lain (menyangkut jalan cerita dan Original Character).

  • Summary

Awalan singkat bagaimana nantinya cerita itu akan berjalan, berupa satu sampai empat kalimat.

Alternative Universe (AU)

Banyak yang memasukkan AU ini ke dalam bagian dari genre Fan Fiction, namun sebenarnya AU adalah sebuah istilah yang dipakai saat cerita yang ditulis memiliki plot baru yang dimunculkan tidak sesuai dengan keadaan artis/idol di kehidupan nyata.

Contoh: Ten adalah seorang pemuda desa yang selalu membantu kedua orangtuanya bertani. Ia memiliki kerbau kesayangan bernama Miul.

Canon

Kebalikan dari AU, Canon ini terjadi jika penulis benar-benar menggunakan karakter serta latar kehidupan asli artis/idol dalam Fan Fiction yang ditulisnya.

Contoh: Kehidupan Jaehyun sebagai idol awalnya baik-baik saja. Sampai suatu hari pemuda berkulit sawo matang bernama Re muncul dan mengubah segalanya.

Original Character (OC)

Istilah ini sering kali kita lihat dalam keterangan Fan Fiction sebelum cerita inti dimulai. OC adalah karakter fiksi yang tumbuh dari pemikiran penulis, tidak terkait dengan seseorang di dunia nyata dan memiliki deskripsi yang murni berasal dari imajinasi pribadi sang penulis.

Contoh: [Introduction]: Original Cast(s)

Pairing

Biasanya penulis akan membuat satu atau lebih pasangan dalam sebuah kisah romansa. Pasangan ini disebut Pairing, bisa berupa IdolxIdol atau IdolxOC. Pairing juga bisa terjadi dalam kasus persahabatan (biasanya masuk dalam genre Friendship atau Bromance but No Slash).

Contoh: Johnny-Wendy | Jaehyun-Chaeyeon | Mark-Yeri | Taeyong-Ten | Winwin-Kun (hanya contoh).

Slash

Slash adalah istilah lain dari percintaan sesama jenis, lebih akrab disebut Yaoi (untuk boyxboy) dan Yuri (untuk girlxgirl).

Note: Beberapa blog memperbolehkan adanya Slash dalam lingkup mereka. Untuk NCTFFI, kami tidak memperkenankan Slash tersebut dalam blog ini mengingat rating maksimal yang kami berlakukan di sini (hanya sampai PG-17).

.

.

FAN FICTION TYPE (LENGTH INCLUDED)

Hal ini tidak terlepas dalam penulisan Fan Fiction, ditulis di bagian atas lembar pos sebelum cerita inti dimulai.

Drabble & Half-Drabble

Cerita yang sangat singkat, kurang dari 100 kata (ada pula yang berkata kurang dari 200 kata sebagai batas toleran). Adapun Half-drabble, yaitu separuh dari Drabble (kisaran 50 kata). Dalam Original Fiction, kita mengenal Drabble sebagai Cerita Mini.

Note: NCTFFI menggunakan rasio 1-100 kata sebagai pedoman (dengan maksimal 200 kata sebagai batas toleran).

Ficlet

Lebih panjang dari Drabble, namun masih lebih sedikit dari Oneshot. Didefinisikan memiliki panjang maksimal 1024 kata (ada pula yang berkata 1000).

Note: NCTFFI menggunakan rasio 200-1000 kata sebagai pedoman.

Vignette

Adalah cerita yang di dalamnya memuat deskripsi tentang suatu momen yang di dalam adegannya melibatkan pembawaan karakter tokoh, mood, juga latar belakang atau objek cerita.

Note: Panjang Vignette ini tidak dijelaskan rinci, tetapi NCTFFI menggunakan rasio 1001-2000 kata sebagai pedoman. Hal ini berkaitan dengan pembatasan antara panjang cerita Ficlet dengan Oneshot.

Oneshot

Cerita yang habis sekali baca, lebih panjang dari Ficlet. Dalam Original Fiction biasa disebut Cerpen (Cerita Pendek) yang memiliki maksimal 10.000 kata.

Note: NCTFFI menggunakan rasio 2001-10.000 kata sebagai pedoman. Biasanya Oneshot yang lebih dari 4.000 kata disebut Longshot (Fan Fiction).

Twoshots

Lebih pendek dari Chaptered, hanya berisikan dua part cerita.

Chaptered

Dalam Original Fiction kita menyebutnya Cerita Bersambung (Cerbung). Memiliki banyak chapter (bagian) yang akan tamat jika sudah mencapai bagian terakhir (ending) ceritanya.

Series

Seperti Chaptered, tetapi hanya memiliki keterkaitan tertentu (bisa memuat sebuah tema atau karakter yang sama) namun tidak saling berkesinambungan antara seri satu dengan lainnya, dengan kata lain bisa dibaca secara terpisah tanpa harus tahu seri sebelumnya.

.

.

RATING

Cerita dikelompokkan berdasarkan rasio umur agar pembaca dapat dengan bijak memilih mana bacaan yang sesuai dengan usia mereka. NCTFFI menggabungkan dua sumber (MPAA dan Fanfiction.net) sebagai landasan untuk menetapkan rating dalam blog.

General (G)

Dapat dibaca oleh semua kalangan dan usia.

Parental Guide (PG)

Dapat dibaca oleh semua kalangan, namun perlu dampingan orang tua karena beberapa adegan dianggap kurang sesuai untuk anak-anak. PG di NCTFFI terbagi menjadi tiga:

  • PG-13. Anak di bawah 13 tahun dianggap perlu bimbingan orang tua untuk membaca konten yang bersangkutan.
  • PG-15. Remaja di bawah 15 tahun dianggap perlu bimbingan orang tua untuk membaca konten yang bersangkutan.
  • PG-17. Remaja di bawah 17 tahun dianggap perlu bimbingan orang tua untuk membaca konten yang bersangkutan.

Teenager (T)

Fiksi diperuntukkan bagi remaja.

Adult (A), Mature (M) dan No Children (NC)

Diperuntukkan pada kalangan dewasa. Biasanya memiliki konten 18+ (bisa adegan seksual dan/atau kekerasan yang dijelaskan secara eksplisit/gamblang).

Note: NCTFFI tidak memperkenankan adanya rating A/M/NC pada blog.

.

.

GENRE

Dalam dunia Fan Fiction, banyak sekali aliran tulisan (genre) yang diangkat oleh para penulis, baik itu genre mayor (seperti Romance) maupun genre minor lainnya yang mungkin belum pernah tersentuh oleh pembaca awam.

Action

Menceritakan aksi sang tokoh melawan pihak antagonis secara gamblang (bersifat fisik, digambarkan jelas). Antagonis di sini bisa berupa manusia (masyarakat) dan/atau alam.

Adventure

Berisi penggambaran petualangan di dalamnya, sang tokoh banyak menemukan hal-hal baru dan bisa juga melawan antagonis selama perjalanannya (hampir mirip dengan Action).

Angst

Melibatkan tingkat kecemasan tinggi dengan permainan emosional dalam mental pembaca. Biasanya berakhir sad-ending.

Brothership & Bromance

Brothership mencakup ikatan persaudaraan yang kuat, lebih berfokus pada keterkaitan hubungan satu sama lain. Adapun dalam Bromance, dititikberatkan pada penggambaran kasih sayang yang terjalin antar tokoh yang bersangkutan (No Slash).

Childhood

Cerita tentang kehidupan masa kecil tokoh dan hal apa saja yang pernah terjadi di dalamnya.

College-life & School-life

Tentang kehidupan kampus (college) dan sekolah (school) dengan segala kisah serta permasalahan yang biasa terjadi di dalamnya.

Comedy & Crack

Comedy adalah genre cerita yang secara umum dianggap lucu oleh masyarakat. Ada pula Crack yaitu cerita yang dapat membuat pembaca terheran atas jalan ceritanya (out of mind), biasanya komedi dengan plot twist yang sangat lucu sampai membuat pembacanya terbahak.

Complicated

Melibatkan alur yang sangat rumit satu sama lain seperti pintalan benang yang kusut, masalah datang tanpa henti dan saling tumpang-tindih sebelum adanya penyelesaian.

Creepy

Sebenarnya Creepy ini bukan bagian dari genre, melainkan sensasi annoying (mengganggu/risih) yang ditimbulkan ketika membaca sebuah cerita. Berkaitan dengan Suspense dan/atau Horror, namun dengan penjabaran yang lebih sederhana.

Crime, Suspense dan Horror

Banyak yang sering keliru dalam mengklasifikasikan Fan Fiction mereka jika berkaitan dengan tiga genre ini. Crime adalah genre yang memainkan rasa penasaran pembaca; siapa dalang di balik setiap kasus dan apa maksud perbuatannya, juga rahasia apa yang akan terkuak. Suspense lebih menitikberatkan pada ketegangan pembaca (ketegangan didapat dari sesama manusia); kapan tepatnya adegan klimaks terjadi dan apakah tokoh utama berhasil survive atau tidak. Horror adalah lain cerita, karena kisah di dalamnya didukung oleh kekuatan supranatural; ketegangan didapat dari kekuatan magis seperti hantu atau ilmu hitam yang sebenarnya bukan kehendak manusia dan tidak dapat ditangani secara langsung oleh manusia.

Dark

Dark lebih menggambarkan sisi gelap sebuah kasus atau karakter seorang tokoh. Bisa juga diartikan cerita yang memiliki alur gelap (maksudnya berkaitan dengan dunia gelap; kejahatan, kelainan kejiwaan, dsb).

Drama

Genre dengan pembawaan serius, plot yang apik dan menghipnotis pembaca untuk hanyut dalam jalana cerita. Berkaitan dengan masalah dan cara penyelesaiannya.

Dystopia & Utopia

Dystopia secara sederhana berarti penggambaran masa depan yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan dalam perspektif masyarakat umum. Dalam dunia perfilman sering dijumpai genre seperti ini, yaitu saat dunia hancur dan terjadilah kerusakan dalam skala global. Bisa diolah tak hanya dalam pembahasan tentang aspek alam, tetapi juga sosial dan politik. Utopia bisa dibilang kebalikannya, yaitu secara sederhana berarti penggambaran masa depan yang sesuai dengan apa yang diinginkan dalam perspektif masyarakat umum. Banyak juga dunia perfilman yang mengangkat genre ini, yaitu ketika dunia semakin maju dan masa depan menjadi lebih baik (hilangnya polusi dan/atau perdamaian dunia, misal).

Fairy Tale

Tulisan yang mengambil latar dan/atau plot dari dongeng yang telah ada lalu diubahnya sesuai dengan imajinasi penulis, seperti Cinderella, Thumbelina, dsb.

Family

Menceritakan tentang keluarga dan segala permasalahan juga kisah yang ada di dalamnya.

Fantasy

Berbeda dengan Fairy Tale, Fantasy adalah genre yang lebih liar, dibutuhkan imajinasi yang kuat oleh penulis untuk membangun dunianya sendiri saat menulis Fan Fiction. Apa saja bisa terjadi di dalam cerita, dan biasanya terasa tidak masuk akal namun luar biasa sehingga pembaca tertarik untuk mengikuti alur ceritanya. Tetapi jika dipikir lagi, sebenarnya genre Fantasy ini sangat logis dan rasional.

Fluff

Cerita tanpa plot dan sangat manis, biasanya singkat dan membuat pembaca tersenyum tanpa sadar dari awal sampai akhir cerita.

Friendship

Menjelaskan tentang lingkup pertemanan secara umum.

Greek & Myth serta Legend & Historical

Genre Greek ditulis berdasarkan pada kisah atau Mitologi Yunani, seperti para dewa dan kisah (mitos & legenda setempat) yang tersebar di sana. Myth lebih kepada mitos yang dipercayai kebanyakan masyarakat dunia, seperti vampir, peri, penyihir, dsb. Lain hal dengan Myth yang belum pasti keberadaannya (hanya dipercaya karena telah menjadi general issue), Legend adalah kisah (dalam sejarah) yang dianggap benar-benar pernah terjadi dalam suatu lingkup masyarakat (legenda di Indonesia sebagai contohnya). Historical adalah genre yang mengambil latar tempat dan/atau kejadian dalam sejarah yang nyata pernah terjadi di masyarakat (tanpa unsur mitos dan legenda) yang nantinya akan diolah menjadi sebuah cerita (bisa sama persis atau ditambahkan sedikit fantasi dari sang penulis).

Hostility

Bukan termasuk genre, melainkan penggambaran kisah permusuhan di sepanjang ceritanya.

Hurt/Comfort

Gaya cerita tentang permainan emosi tokoh, ketika ia mengalami kejadian menyedihkan yang menguras perasaan (Hurt/Sad) kemudian datang tokoh lain yang berperan sebagai penghibur dan memberikannya ketenangan (Comfort).

Incest

Percintaan saudara kandung (No Slash), melebihi Sister-complex dan Brother-complex yang hanya berfokus pada kasih sayang yang berlebihan. Incest lebih rumit dari itu, melibatkan cinta terlarang yang seharusnya tidak terjadi.

Marriage-life

Kisah tentang kehidupan pernikahan dan apa-apa saja yang terjadi dalam ruang lingkupnya.

Medical

Jenis cerita yang menyinggung istilah kesehatan dan dunia kedokteran di sepanjang alurnya.

Mystery & Thriller

Mystery berkaitan dengan Crime, Suspense serta Horror, namun lebih fokus membahas tentang kejanggalan dan misteri (hal tersembunyi) yang ada dalam kasus dan kejadian. Thriller lebih difokuskan pada emosi pembaca, mencakup alur yang cepat serta banyaknya kejutan di dalam cerita yang tak tertebak.

Painful & Sad

Painful bisa dikatakan mencakup permainan emosi yang menimbulkan sensasi menyakitkan di hati, sedangkan Sad lebih sederhana dari itu karena hanya menyangkut kesedihan yang dialami tokoh.

Parody

Bersifat menyindir karakter non-fiksional (orang di kehidupan nyata) melalui sebuah tulisan, biasanya beraliran komedi dan letak kelucuannya terdapat di akhir cerita.

Psychology

Penulis menggambarkan kejiwaan tokoh secara rinci, memainkan pikiran pembaca tentang apa yang dialami si tokoh dan bagaimana jalan pikiran sesungguhnya dari tokoh tersebut.

Riddle

Pembaca diminta menemukan sesuatu yang janggal di dalam alur Fan Fiction, biasanya jawaban sudah tertera jelas pada penyampaian kalimat dalam cerita.

Romance

Adalah genre yang sangat umum dalam dunia fiksi. Mengandung unsur romansa (percintaan) yang kuat dan spesial antara dua tokoh atau lebih.

Science-fiction & Supernatural

Science-fiction adalah genre cerita yang mengangkat pembahasan tentang fiksi ilmiah, dalam penulisannya biasanya digabungkan dengan Dystopia/Utopia, bisa juga berdiri sendiri. Hal-hal yang aneh dan tidak normal bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan (sebuah pikiran ilmiah yang terdengar fiksional). Supernatural, kebalikannya, adalah genre yang menggambarkan hal-hal aneh dan tidak normal yang tak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan.

Slice of Life

Mengambil potongan-potongan kisah dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasannya bisa bersifat luas.

Surrealism

Berbeda dengan genre Fantasy, Surrealism membutuhkan imajinasi yang lebih liar lagi, yaitu penggambaran cerita yang tidak rasional serta dapat membuat kesan takjub yang aneh dari sisi pembaca.

Teen

Yaitu genre yang berangkat dari kehidupan remaja serta apa saja yang terjadi di dalamnya.

Tragedy

Adalah genre tentang kejadian yang tidak sang tokoh inginkan, meliputi kematian seseorang atau kisah tentang pahlawan (literally dan non-literally) yang gagal melakukan misinya, dan membuat pembaca ikut merasakan duka yang dialami tokoh tersebut.

.

.

*Kalian bisa menanyakan hal-hal seputar penulisan di laman ini, yang nantinya akan kami buatkan laman FAQ agar tak ada pertanyaan berulang di kemudian hari.

.

Source:

.

 

Advertisements

2 thoughts on “About Fan Fiction

  1. “pemuda berkulit sawo matang bernama Re muncul dan mengubah segalanya.” ANJERR INI SIAPA YANG NGARANG AKU NGAKAK HARD XD terus terus masa ada Jaehyun-Chaeyeon, iya tau cuma contoh tapi AKU BAPERRRR!!!!!

    Like

Feedback Juseyo ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s